Footprints On the Sand Community (FOS COMMUNITY) berdiri pertama kali pada 31 Desember 2006 di salah satu sudut kota Jakarta dimana 5 orang anak muda dengan segenap kerinduan berkumpul pada pertemuan sharing akhir tahun small group kami. Pada saat itu yang terlibat dalam meletakkan konsep dasar komunitas ini adalah Yoseph K. Tandian, Henry Harianja, Andreas Chrismanto, Kristian Satrio W., dan Hothlas Sitanggang.

Secara sederhana, kami membangun sebuah komunitas anak muda Kristen yang berdiri dalam konsep yang kuat tentang Friendship Evangelism ( Penginjilan melalui persahabatan ) untuk menjangkau setiap anak muda yang belum terjangkau oleh gereja-gereja, dan pelayanan penginjilan lainnya. Kami tidak berdiri di bawah bendera suatu gereja atau denominasi, namun kami maju dengan gerakan Youth Interdenominational Movement.

Komunitas kami dinamakan “FOOTPRINTS ON THE SAND” (Jejak Kaki di atas Pasir) yang diinspirasikan oleh dua lagu yang powerful dari Giving My Best, sebuah band Kristen tanah air, yang berjudul “Sands of History” dan “Teladan”.

Kami bergerak dalam misi untuk membangun suatu generasi muda yang memiliki karakter yang kuat untuk menjadi teladan bagi dunianya melalui hal-hal yang sederhana. Kami berharap kehidupan, iman, karakter, dan pelayanan kami sebagai anak-anak muda di dalam Tuhan memberi dampak yang kuat dan positif bagi anak-anak muda lainnya di sekitar kami. Kami juga berharap ada generasi muda yang menjadi teladan muncul dari komunitas ini, meninggalkan jejak-jejak kakinya di atas pasir sejarah, dan membawa mereka yang tersesat kepada Yesus Kristus Tuhan Allah yang hidup, Sang Gembala Agung.

Kami mempunyai motto “Simple but Powerful”, yang berarti dalam kesederhanaan iman, tingkah laku, pola pikir, dan setiap aspek kehidupan kaum muda Kristen mampu memberi pengaruh yang luar biasa bagi dunia. Maka itu, fokus kami adalah membangun karakter kaum muda melalui persahabatan, konsep CARE, persekutuan (dalam FOSCA / FOS Community Altar), dan melalui buletin bulanan kami yang kami bagikan ke sekolah, kampus, gereja, komunitas-komunitas, dan pelayanan-pelayanan lainnya di Jakarta, Depok, Bogor, Bandung, Kalimantan, Medan, Jambi, dsb. Selain itu kami juga aktif di jejaring sosial seperti Halaman Facebook Baca Alkitab Setiap Hari (BASH), Cerpen dan Puisi Rohani (Cerpuni) dan media Twitter - @foscom.
Berikut adalah poin-poin lebih lanjut dari FOS COMMUNITY:

Visi:


“Membawa kesaksian Kristus kepada generasi muda melalui keteladanan dalam hal-hal sederhana”
Misi:

“Membangun karakter dan gerakan keteladanan dalam diri kaum muda melalui Friendship Evangelism, konsep CARE, persekutuan, dan buletin.”

Dasar biblikal:

1 Timotius 4:12, “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”

Yohanes 13:15, “Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.”

1 Petrus 2:21, “Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.”

Nilai-nilai
; Kekuatan Persahabatan
; Kekuatan Karakter untuk menjadi Teladan

Konsep Youth CARE:
1. CARE : Kasih dan kepedulian yang tinggi terhadap generasi muda (Ams 17:17)

2. C – COMMUNITY

Suatu kerinduan agar anak-anak muda memiliki komunitas yang benar, yang saling membangun, menjaga, mengingatkan, mendoakan, dan membagi suka dan duka sehingga pertumbuhan dan konsistensi iman kaum muda tetap terjaga. Dalam komunitas-komunitas yang benar, anak-anak muda akan menemukan panggilan hidupnya, talentanya, dan pertumbuhan yang sesuai dengan standar Kristus. (1Kor15:33)

3. A – ANSWER

Suatu kerinduan agar setiap anak muda memiliki jawaban terhadap setiap pertanyaan dan tantangan dari generasinya. Diharapkan setiap pribadi kaum muda mampu untuk menjadi seorang konselor yang baik di dalam Tuhan, memiliki kepekaan iman terhadap kebutuhan sahabat-sahabat di sekitarnya, dan mampu membimbing serta menuntun orang berjalan menurut nasihat yang benar sesuai dengan kebenaran firman Tuhan, agar orang muda tidak berjalan menurut nasihat-nasihat kefasikan. (Mzm 1:1-3)

4. R – REASON

Suatu kerinduan agar setiap anak muda mengerti dan memiliki alasan yang tepat dalam segala apapun yang diperbuatnya dalam kehidupannya. Yang terutama adalah mengerti alasan mengapa kita hidup untuk Kristus, mengimani kebenaran-Nya, mengasihi, dan melayani Dia. Kami mendorong kaum muda untuk mengasihi generasinya dan memiliki hasrat untuk menjangkau generasinya bagi Kristus karena sebuah alasan yang tepat, yaitu karena Kristus telah berbuat hal yang sama sebagai teladan. (Yoh 13:15, 1Ptr2:21)

5. E – EXPERIENCE

Suatu kerinduan agar generasi muda mengalami kehidupan yang nyata bersama Tuhan, mampu menyaksikan pengalaman-pengalaman imannya, lebih dari sekadar sebuah ajaran. Kami merindukan agar setiap anak muda memiliki gaya hidup yang mencintai doa, pujian penyembahan, dan kebenaran firman Tuhan secara konsisten. Kami juga merindukan agar setiap anak muda memiliki visi Ilahi untuk mempengaruhi generasinya, membawa mereka mengenal Kebenaran dan mengikuti jejak Yesus Kristus. (1Tim4:12, 1Ptr2:21)
Kegiatan-kegiatan:
; Membangun gerakan kesatuan dengan komunitas-komunitas, gereja-gereja, dan pelayanan-pelayanan lainnya.
; Membentuk Worshipping Band.
; Training pemuridan dan kepemimpinan, konseling dan penginjilan, pujian penyembahan, dsb.
; Pembuatan buletin bulanan dan proyek ketaatan untuk membaca literatur-literatur yang bermanfaat.
; Pelayanan kepada komunitas-komunitas sosial.
; Bergerak dalam production dan event organizing.

Secara keseluruhan, FOS Community hanyalah sebuah komunitas yang sederhana untuk memberkati anak-anak muda yang dapat kami jangkau. Komunitas ini bukan organisasi, juga bukan pelayanan gerejawi. Kami adalah para FOSTERS (Footsteps Followers) dari Yesus Kristus, sekumpulan anak muda yang ingin mengikuti teladan-Nya, mengikuti jejak-Nya, hidup bagi Dia dan memberkati generasi muda. Maka itu, dalam komunitas ini semua adalah para Community Leaders yang sedang dibentuk, bukan member, dan tidak ada struktur berupa hierarki organisasi dalam komunitas ini.

FOSTERS yang dalam bahasa kamus berarti “membantu perkembangan” juga memiliki kerinduan untuk menjadi penyokong gerakan-gerakan Kristen lainnya yang turut memberkati bangsa ini dengan kesaksian Kristus. Kami hadir juga untuk membantu pelayanan-pelayanan lainnya dalam kegiatan, event, dan program, juga untuk memotivasi setiap gerakan Kristen untuk bersatu (stand in unity, not in uniform) bagi bangsa ini.
Segala pujian, hormat, dan kemuliaan bagi Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Allah yang kekal, Penguasa dan Pencipta semesta alam, Bapa yang kekal, Juruselamat yang Hidup dan Pemberi Hidup, Gembala Agung, Sahabat, dan Teladan Yang Setia.
Amin.

Salam Hangat,
FOS COMMUNITY

English Version..