FOSters buat kamu yang kebetulan nggak bisa hadir di Bible Study minggu lalu, berikut ini adalah rangkuman dari apa yang dipelajari di Bible Study tersebut. Tapi karena ini cuma rangkuman dan hanya menjelaskan secara garis besar apa aja yang kita diskusikan jadi sebenernya bakal lebih seru kalo kamu bisa hadir langsung di Bible Study berikutnya loh. Dijamin pasti akan ada banyak yang kamu dapetin! Kalo tertarik untuk menjadi tuan rumah segera hubungi Rice yah..

buildingbricks

Tema bible study kita kali ini adalah Dasar Yang Kokoh, pembahasannya diambil 2 perikop yang paralel Mat 7:24-27 dan Luk 6:46-49 dengan judul 2 Macam Dasar. Perikop ini pastinya udah nggak asing buat kalian, tapi ternyata ada banyak hal yang bisa kita gali dari perumpamaan yang Yesus ajarkan ini. Sebelum memulai pembahasannya, pemimpin bible study kita – Yoseph K. Tandian  mengajak kita untuk merenungkan 2 buah pertanyaan… Sebelumnya kita juga membaca Kolose 2:6-7 & 1 Korintus 10:11-13

Yang pertama adalah pertanyaan “Apakah kamu percaya bahwa kamu sudah diselamatkan? (memiliki jaminan hidup kekal dan pembenaran di hadapan Allah)? Nah untuk pertanyaan ini kayanya semua menjawab dengan yakin bahwa kita sudah diselamatkan. Tapi pertanyaan sambungannya “Dapatkah keselamatan yang telah diberikan Tuhan hilang?” Wah pertanyaan yang simpel tapi mungkin banyak bikin bingung yah.. Yang mungkin pertama kali ada di pikiran kita adalah keselamatan yang telah diberikan Tuhan bisa saja hilang kalo kita berbuat dosa. Kalo kita menjawab seperti itu, apakah selama kita telah lahir baru kita udah gak pernah lagi berbuat dosa? Apa yang dimaksud dengan dosa. Apakah dosa yang telah ditebus oleh Kristus adalah setumpuk perbuatan atau sebuah kondisi? Kita sering kali melihat dosa sebagai sederet perbuatan yang melanggar perintah Tuhan, padahal anak kecil yang baru lahir aja udah berada dalam kondisi berdosa. Dan inilah yang Tuhan Yesus Kristus tebus, yaitu kondisi kita sebagai makhluk berdosa menjadi makhluk yang dibenarkan di hadapan Tuhan dan inilah sebabnya juga bahwa tidak ada perbuatan baik sebanyak apapun yang dapat menyelamatkan kita. Ayat-ayat yang dapat dibaca lebih lanjut adalah 1Yohanes 3;9 dan Roma 6:14-16

Renungan kedua adalah “Apakah setelah kita memiliki jaminan hidup yang kekal apakah pengenalan akan Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus menjadi sesuatu yang penting bagi kita?” Hayoo.. coba dijawab masing-masing yah..

Sesi pertama setelah perenungan adalah Observasi Ayat, apa sih yang dimaksud dengan observasi ayat? Jadi di sesi ini kita memperhatikan ayat-ayat tersebut secara umum beserta konteksnya, kaya misalnya ketika Yesus berbicara, Yesus lagi ngomong ke siapa sih? Apa cuma ke murid-murid-Nya aja, apa lagi ngomong sama Orang Farisi, Ahli Taurat atau lagi ngomong ke orang banyak secara umum? Kalo kita perhatikan secara seksama, Yesus berbicara dengan cara yang berbeda loh ketika Dia, misalnya berbicara ke Orang-Orang Farisi dan ketika Dia berbicara kepada khalayak umum atau hanya kepada murid-murid-Nya.

Salah satu pertanyaan di sesi ini misalnya “Apakah ciri-ciri orang bijak yang Tuhan Yesus nyatakan secara umum dalam Mat 7:24-27 dan Luk 6:46-49?” Nah kita jawab sesuai dengan apa yang Yesus katakan kalo ciri-ciri orang bijak adalah orang yang menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Sementara orang yang bodoh adalah orang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar bahkan diletakkan di atas pasir. (pertanyaan lainnya bisa kamu lihat di link Bahan Bible Study di bawah artikel ini)

Sesi berikutnya adalah Sesi Interpretasi. Di sini kita mencoba menginterpretasikan apa yang dimaksud dengan perumpamaan yang disampaikan oleh Tuhan Yesus. Ketika Yesus bilang orang bijak adalah orang yang menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu, bagaimana kita memahaminya? Yang dimaksud dengan ‘rumah’ di sini itu apa? Apa yang menyebabkan rumah dapat dengan kokoh dibangun? Apa yang membuat sebuah rumah roboh dan kerusakannya menjadi hebat? (pertanyaan lainnya ada di dokumen di bawah ini)

Setelah sesi interpretasi kita masuk ke sesi Aplikasi Praktika. Di sini kita mencoba mengaplikasikan pelajaran yang kita baca ke kehidupan kita sehari-hari. Contoh pertanyaan seperti Dasar apakah yang kita gunakan saat ini? Apakah kita telah menggali dalam-dalam dan meletakkan dasar kita pada batu yang kokoh? Atau jangan-jangan kita membangunnya di atas sesuatu yang lain? Kalo kita katakan kita ingin mengenal Tuhan, apa saja yang udah kita lakukan untuk lebih mengenal-Nya?

Sesi terakhir adalah Sesi Respons, mengenai bagaimanakah menyikapi pengajaran ini, ada bedanya nggak sih antara murid Kristus dan bukan murid Kristus ketika mendengar ini? Terus apa resolusi yang ingin kita hidupi lebih dalam lagi setelah penggalian kita akan kebenaran firman Tuhan kali ini?

Nah itu dia FOSters rangkuman Bible Study kita mengenai dasar yang kokoh. Mungkin setelah baca ada yang bilang. Kok pertanyaan-pertanyaannya enggak ada jawabannya sih.. Nah justru itu tujuan rangkuman ini dibuat adalah mengajak kamu untuk ‘menggali’ firman Tuhan lebih dalam lagi, mengajak kamu untuk merenungkan apakah selama ini dasar yang kita gunakan untuk membangun rumah adalah dasar yang kokoh? Jangan sampai dasar tersebut adalah dasar yang bisa goyah seperti pasir. Hati-hati akan hal itu, karena ketika badai datang dengan kekuatan yang sama menerjang 2 buah rumah, hanya satu yang tetap berdiri kokoh sementara yang lainnya roboh dengan kerusakan yang sangat hebat. Dalam Bible Study kemarin ada banyak sekali hal yang kita dapatkan, fakta-fakta menarik mengenai Alkitab dan sharing-sharing yang juga menyentuh yang nggak mungkin kita tuliskan semua di sini. Lagian beneran deh jauh lebih seru kalo pembahasan ini diikuti langsung, karena itu yuk FOSters kita luangkan sedikit waktu untuk Bible Study berikutnya.. Sampai ketemu yah..

Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Kolose 2:6-7

Bahan Bible Study – Dasar Yang Kokoh (Baca Langsung di Google Docs)
Download Bahan Bible Study DASAR YANG KOKOH

Comments

comments