Gimana sih cara kita menghargai suatu pemberian?

Biasanya kita menghargai sebuah pemberian dengan melakukan tindakan tiga arah:

1. Berterima kasih pada si pemberi

2. Menggunakan pemberian itu sebaik mungkin untuk tujuan-tujuan yang berguna dan memaksimalkan hidup kita

3. Meneruskan pemberian itu untuk memberkati orang lain lagi

godlylifeKetiga tindakan di atas bisa disebut sebagai tindakan MENGHARGAI PEMBERIAN, karena kita membuat pemberian itu menjadi sesuatu yang bernilai dan berguna buat kehidupan kita, ketimbang hanya meletakkan begitu saja pemberian itu di sembarang tempat dan tidak digunakan untuk tujuan yang baik.

Nah, gimana kalo konsep ini diterapkan ke dalam kehidupan iman kita? Gimana sih cara kita memperlakukan keselamatan yang telah kita terima dari Kristus? Apakah kita menganggap keselamatan itu sebagai benda murahan yang ngga pernah berdampak signifikan terhadap tindakan keseharian, nilai, dan gaya hidup kita – dan ngga membuat kita semakin giat dalam pengenalan akan Allah, atau sebaliknya keselamatan itu kita anggap sebagai pemberian yang amaaaatttt berharga sehingga mendorong kita untuk semakin kenal dengan Dia yang adalah Pencipta dan Pemilik hidup kita?

Sikap menghargai keselamatan yang Tuhan Yesus sudah kerjakan dalam hidup kita itu muncul dari hati yang menyadari bahwa keselamatan itu amat mahal harganya sehingga kita menjaganya baik-baik dan mempertahankannya. Mengapa kita harus mempertahankannya? Karena di tengah dunia kita menghadapi berbagai tantangan berupa pekerjaan Iblis, nilai-nilai dunia yang cenderung menjauhkan kita dari Tuhan, nilai-nilai ketidakpercayaan akan Keilahian dan karya penebusan Kristus, dan juga natur dosa yang membuat dunia cenderung makin korup. Jika kita tidak bertahan di dalam anugerah Allah, dan terus bertambah-tambah dalam pengenalan akan Allah setiap hari, maka kita dapat mudah terseret oleh arus dunia.

Tetapi satu hal yang harus kita percaya adalah bahwa di dalam kita bertahan dan bertumbuh, ada anugerah Allah yang selalu menaungi kita, sehingga kita bertumbuh bukan semata karena kekuatan kita. Hidup yang saleh hanya ada di dalam anugerah Allah. Setiap orang yang mau berlari menjauh dari dosa dan hidup yang sia-sia, harus berlari kepada Allah. Selain itu, hidup yang saleh bukanlah berarti kehidupan agamawi yang kaku dan fanatik. Kehidupan yang saleh tidak membawa kita pada perasaan “SAYA PALING BENAR”, melainkan menuntun kita pada karya yang nyata di tengah dunia. Karya yang muncul dari penghayatan akan anugerah Allah dan iman yang giat ini membuat kita memiliki sikap hidup yang baik dan benar di tengah dunia yang cenderung semakin korup karena dosa, juga menjadi penuntun bagi mereka yang masih terhilang.

godly_life_by_teensieking-d590vjq

Dalam suratnya yang kedua ini, Rasul Petrus menggunakan kata-kata yang tegas dan mendesak untuk mengingatkan bahwa walaupun orang Kristen sudah tinggal dalam anugerah Allah, kita masih perlu mengejar hidup yang benar di hadapan Tuhan dan masuk lebih dalam kepada kehidupan rohani yang terus bertumbuh, bukan supaya selamat, tapi sebagai respon yang benar atas anugerah Allah. Pandangan rasul Petrus ini juga sebagai pengajaran yang teguh dan melawan guru-guru palsu serta ajaran Gnostik yang berkembang pada saat itu, yang cenderung membuat orang hidup tidak tertib dan meremehkan anugerah Allah. Spiritualitas hidup yang benar yang harus dimiliki orang Kristen selaku umat yang telah dipanggil sebagai pengikut Kristus. Suatu konsep yang bertolak belakang dengan ajaran-ajaran dari guru-guru palsu yang berkembang pada saat itu.

Hidup yang saleh sifatnya mendesak dan tidak bisa ditunda-tunda. Karena Allah sudah memanggil kita untuk maksud penyelamatan, untuk masuk ke dalam kehidupan yang kudus bersama Dia dan menjadikan semua bangsa murid-Nya. Melalui bible study ini, kita dapat merenungkan bersama dalam komunitas kita bagaimana kita memahami hidup yang saleh mulai dari memahami karya penebusan Kristus yang tuntas terhadap dosa kita, memahami bahwa kita disertai dengan kuasa Ilahi untuk terus bertumbuh dan bertahan di tengah dunia yang penuh tantangan, memahami arti iman yang hidup, serta memahami peran/fungsi yang dapat kita jalankan sebagai orang-orang saleh di tengah dunia.

 

Teman-teman bisa download bahan Bible Study Induktif 2 Petrus 1 di link di bawah ini:

https://www.dropbox.com/s/nl3j98s8i51hc51/BIBLE%20STUDY%202%20Petrus%201.docx?dl=0

 



"His divine power has given us everything we need for a godly life through our knowledge of him who called us by his own glory and goodness."  - 2 Peter 1:3 -

“His divine power has given us everything we need for a godly life through our knowledge of him who called us by his own glory and goodness.”
- 2 Peter 1:3 -


 

Comments

comments