girl emotion1Hi FOSters! Setelah beberapa waktu yang lalu kita ngebahas tentang Every Boy’s Battle. Nah sekarang giliran kita ngebahas tentang Every Girl’s Battle!

Apa sih yang menjadi peperangan rohani buat kebanyakan cewek-cewek? Walaupun ada sebagian cewek-cewek yang mengalami peperangan rohani yang sama seperti cowok-cowok (dalam hal dosa pornografi dan masturbasi) Tapi ada jenis peperangan rohani yang kayanya hampir semua cewek ngalamin.. anehnya cewek-cewek kebanyakan enggak nyadar loh kalo itu adalah sebuah pergumulan yang harus dimenangkan! Kebanyakan dari kita menganggap hal itu adalah hal yang wajar.. Jadi faktor apa sih sebenernya yang seringkali bikin kita ‘jatuh’? Ada 2 guys “Emosi” dan “Lidah”.

Sebagai kaum perempuan kita paling sulit yang namanya mengendalikan emosi. Kita bisa sering banget yang namanya tiba-tiba marah, tiba-tiba ngambek, tiba-tiba BT , apalagi kalo pas lagi masa PMS (beberapa hari sebelum haid) bawaannya mungkin kita pengen marah-marah terus tanpa alasan. Akhirnya jadilah kita melampiaskan kemarahan kita kepada orang-orang di sekitar kita, entah itu orangtua kita, saudara kita, sahabat kita atau mungkin pacar kita. Saat kita sedang berada pada masa itu kita pengen semua orang mengerti bahwa emosi yang ditimbulkan adalah sebuah hal yang ‘Wajar’ karena pengaruh hormon yang sedang berubah.

Well Guys, sebenernya kita enggak boleh menggunakan alasan apapun untuk membenarkan tindakan kita yang tiba-tiba marah, tiba-tiba BT atau ngambek. Bukan tanpa alasan kalo Firman Tuhan mengatakan supaya kita bersukacita senantiasa (1 Tesalonika 5:16). Karena sebagai umat pemenang untuk itulah kita dipanggil, untuk senantiasa bersukacita dalam keadaan apapun.. Mungkin kita berpikir kalo tiba-tiba marah, BT, ngambek bukanlah sebuah perkara yang besar, dan Tuhan pasti mengerti perasaan kita, iya Guys Tuhan emang ngerti perasaan kita, tapi sama halnya dengan manusia yang berjuang untuk enggak mencuri walau hidupnya serba kekurangan, berjuang untuk enggak memakai narkoba saat sedang kecanduan, berjuang untuk enggak jatuh dalam dosa seksual walau banyak godaan, Tuhan juga ingin kita berjuang mengendalikan emosi kita, karena Tuhan tau kalo kita seringkali dikalahkan oleh emosi, hal itu akan menjadi alat Iblis untuk menjatuhkan kita.

Dan sebenernya enggak berhenti sampe situ aja, kekalahan kita dalam hal mengendalikan ‘emosi’ juga akan membawa kita pada kekalahan lain, karena biasanya kalo kita udah enggak bisa mengendalikan emosi, kita juga udah enggak bisa mengendalikan lidah kita sehingga ucapan yang keluar dari bibir kita biasanya bukan merupakan berkat tapi kutuk. Makanya Firman Tuhan baik dalam perjanjian lama maupun perjanjian baru berkali-kali mengingatkan akan bahaya ‘lidah’ di Amsal 18:21 dikatakan bahwa “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.”

Nah di jaman yang serba online sekarang, lidah juga ada perpanjangannya loh.. Apalagi kalo bukan status FB dan Twitter. Dengan menggunakan media tersebut kita bisa dengan mudah menulis apa aja dan dampaknya bisa menyebar kemana-mana.

Dan ternyata yaah.. Yang paling sering mengupdate status adalah kaum perempuan! Yup,karena biasanya cewek punya lebih banyak hal untuk diungkapkan. Lagi-lagi kita mungkin enggak sadar bahwa perkara meng-update status FB juga punya peranan penting dalam upaya mengendalikan emosi kita. Karena pilihan-pilihan yang kita buat saat kita mengupdate status FB kita menggambarkan sisi mana yang akan kita ‘menangkan’.

Girls, sudah saatnya kita berhenti me’wajar’kan setiap tindakan kita karena merasa bahwa sebagai perempuan memang diciptakan udah dari ‘sana’nya sensitif, udah dari sananya kita gampang BT kalo lagi PMS, udah dari sananya kita sering ngambek atau mungkin udah dari sananya lidah kita jauh lebih sulit dikendalikan daripada lidah kaum pria. Kita harus berusaha kembali melihat Firman Tuhan, dan beri gambaran yang ‘benar’ untuk diri kita. Saatnya kita belajar untuk taat pada Firman walau hal-hal itu terlihat sepele seperti memilih untuk tetap bersukacita pada saat PMS, memilih untuk mengupdate status FB dengan hal-hal yang baik, memilih untuk menggunakan perasaan ‘sensitif’ kita untuk lebih memperhatikan orang lain, dan banyak hal-hal kecil lainnya..

Karena saat kita taat dan setia melakukan Firman-Nya, maka hal-hal yang menurut kita ‘wajar’, hal-hal yang menurut kita enggak bisa diubahkan akan dimampukan dan diubahkan oleh Roh Kudus yang senantiasa memperbaharui kita.

So Girls, Jangan mau dikalahkan dengan hal-hal sepele yah!^^ Jadikan harimu senantiasa bersukacita dan jadilah berkat bagi sekitarmu..

Coz we are His beautiful daughters and we are more than a winner! How cool is that!^^

Comments

comments