Setelah sekian lama tulisan ini menginap di mode draft, akhirnya saat yang ditunggu-tunggu oleh Bang Jimmy Needham pun tiba – Review spesial album Nightlights oleh saya :D Ah Bang Jimmy, maafkan saya karena penyakit prokrastinasi kronis saya belum sembuh juga -,-”

Baiklah pemirsa! Mari kita langsung mulai saja reviewnya ^^ Buat Bang Jimmy Needham, kalo gak ngerti, please use Google Translate, although that machine often mislead the translation… but that’s quite ok lah -,-”

Ok, diawali dari pertama kali saya mengetahui Bang Jimmy Needham..

Alkisah, di sebuah hari yang entah hujan, entah cerah, saya mengunjungi sebuah blog yang dimiliki oleh Orang Izenk - Yang isi blognya sebenarnya sama sekali tidak iseng! Cukup menginspirasi^^ Salah satu postingannya adalah mengenai lagu Bang Jimmy Needham – Forgiven and Loved, dari album Not Without Love lengkap dengan lirik dan terjemahannya! Ah, saya suka lagu dengan lirik yang indah! Apalagi melodi dan vokal dari Bang Jimmy Needham ternyata pas sekali di telinga saya! – This is so definitely love at first hearing :)

Akhirnya dari semenjak itulah saya mengkoleksi lagu-lagunya! Dari mulai album pertama – Speak, sampai album kedua – Not Without Love, hingga akhirnya album terbaru di 2010 – Nightlights! Maaf Bang Jimmy Needham, karena di Indonesia album Abang blun kuar, saya terpaksa mengunduh lagu-lagu Abang.. Saya janji, ketika nanti saya melakukan Tour 80 HARI Keliling Dunia saya akan menyempatkan diri membeli album asli :D

Dari album ke album, Bang Jimmy Needham selalu menunjukkan peningkatan dalam musikalitas dan kemampuannya mengolah lirik *byah bahasa gue.. sok tau bener yak :D Eniwei, soal lirik, saya pikir inilah salah satu poin yang bikin saya meleleh kalo denger lagu-lagunya Bang Jimmy Needham, kenapa? Karena berasaaaa bangeeeet dari liriknya, kalo dia menciptakannya dengan rasa cinta kepada Tuhan yang luar biasa^^ Saya sangat kagum dengan orang – terutama pria yang bisa mengekspresikan bahasa cintanya ke Tuhan tanpa merasa sungkan. Jadilah hampir pada setiap lirik-lirik lagunya, sungguh saya merasa sangat terkoneksi! Karena pun saya mencinta-Nya secara luar biasa :)

Di Album Nightlights Bang Jimmy Needham menyajikan 12 lagu dan 1 buah puisi! Yup, di akhir trek di setiap albumnya pasti Bang Jimmy Needham akan menutupnya dengan pembacaan puisi^^. Ok, kita akan mengupas satu per satu track-nya di sini! Buat yang udah mulai bosen bacanya, karena postingan kali ini panjang banget,well, maaf saja ini memang edisi spesial kok bukan buat anda tapi buat Bang Jimmy Needham *jah kayak baca aja orangnya xD Mari kita awali dengan trek Numero Uno!

Moving to Zion – Lagu ini punya daya tarik tersendiri, karena dari awal hingga akhir liriknya ditulis dengan bahasa alegori yang sangat indah! Menceritakan tentang dirinya yang dahulu tinggal dengan Ayah Musa bersama 4 orang yang tinggal di atasnya dan 6 orang yang tinggal di bawahnya, yang selalu membuatnya jadi terdakwa. Hingga pada akhirnya ia menemukan Ibu yang bernama Kasih Karunia dan anaknya yang bernama Iman. – I was raised up by Daddy Moses And you know I’m the bondwoman’s son And my family ain’t no bed of roses So I have to find a new one Well, I found Grace she became my mother, yes she did And her daughter is Faith in the One And that girl took me in like her brother And we’ve only just begun

 

Being Small – Trek yang ini mungkin salah satu trek dengan jenis melodi yang tidak pernah ditemukan di album-album sebelumnya. Sangat ringan dan menyenangkan!^^ Tapi yang paling luar biasa adalah liriknya! Bener-bener ngingetin kita kalo kita tuh enggak ada apa-apanya kalo bukan karena Tuhan, kalo Tuhan selayaknya harus selalu ditinggikan dan kita? Ya di belakang aja deh, jadi kecil dan gak keliatan juga harus rela^^ Lagi siapa juga sih kita? – These people won’t miss us  We’ll be out of their memories  The ground will forget us for sure  Only one is remembered  One name to be treasured is Jesus :) Dan satu hal lagi yang harus diingat saat kita ingin membanggakan diri kita – Pride and not just Summer come before the Fall ^^

 

Yours to Take – Ah romantis!!! Sangat romantis.. Ini mungkin bisa dibilang versi rohaninya dari lagu I’m Yours-nya Jason Mraz. Dan lagi-lagi ini adalah lagu dengan melodi yang sangat ringan dan menyenangkan! Sangat renyah untuk didengarkan dan sangat sedap untuk didendangkan! *sebenernya gua bikin resensi lagu apa resensi wisata kuliner :o~ Buat yang penasaran ‘rasa’nya ini cuplikan liriknya – You picked me up with barely any introduction You won my heart by a landslide  You tend to do that every time  So everything I have is Yours now  Even my very life, Well, I’ve been captured by grace I’m not going away I’m Yours to take ..

 

The Reason I sing - Speechless abis pas denger lagu ballad yang satu ini, bener-bener keluar dari hati banget. Dan lagi-lagi mengingatkan kita bahwa tidak ada satupun yang bisa dibanggakan secara berlebihan, karena semua pujian dan penghargaan akan memudar, sama seperti kita - ‘Cause even accolades some day will fade away  Just like me  Yes, everything but You  Many years from now it won’t matter how  Why I write the rhymes I do  Help me get back to the reason I sing for You. Dan bagian akhir dari lirik lagu ini sangat menyentuh hati saya – So if I’m destined for a small stage, The small crowds and the small pay, and maybe even in a small way I can bring You fame. :’)

 

Right Where You Are – Kadang banyak dari kita yang ngerasa puas dengan pengenalan Tuhan sejauh titik A atau sejauh titik B. Padahal pengenalan akan Tuhan enggak pernah ada yang namanya kata ‘cukup’ dan inilah yang ingin diserukan oleh Bang Jimmy Needham di lagu ini, dia ingin lebih lagi mengenal Tuhan hingga sampai di Tempat Dia berada :) - I want to taste the height and depth  And live inside Your width and breadth  And comprehend with all the saints this wild love that’s never left.

 

Khusus untuk lagu Steal AwayInto the Lights dan How Sweet It Is, kita lewati saja pembahasannya karena itu semua adalah lagu khusus untuk isterinya -,-” *lah gitu xD Yup di tiap albumnya pasti Bang Jimmy Needham enggak lupa untuk menyisipkan lagu romantis spesial untuk isterinya tercinta Jeung Kelly Needham :D

 

Grace Amazing – Nah untuk yang satu ini lagunya sangat mengejutkan! Judulnya boleh Grace Amazing tapi melodinya sangat berkebalikan dengan lagu Amazing Grace yang melegenda! Yang ini dibalut dengan melodi Hip-Hop yang kental dengan bagian rap yang dibawakan oleh Tripp Lee. Tapi tetep aja sih walau terkesan sangat Hip, lirik lagu ini menceritakan mengenai kasih karunia Tuhan yang luar biasa - I’m almost sure I’m dead, unless You breathe life into me I won’t ever feel a dead heart beating  But You opened these blind eyes to see  That’s what makes Your grace amazing.

 

Just a Heartbeat – Lagu yang satu ini sangat cocok didengerin waktu kita lagi ngerasa putus asa atau ngerasa gak PD.. Karena liriknya yang simpel bikin kita senyum-senyum dan mikir ulang trus bilang “Hmm.. Bener juga! Apa sih yang mustahil bagi Tuhan, Dia bisa bekerja melalui apapun atau siapapun ^^” Half the time I forget that I  Should trust in You Nothing else will do Then have a willing heart and leave the rest of it to you You can do wonders with a broken heart Turn people into works of art You can do more than we imagine More than we can fathom If we just let You..

 

Miss a Thing – Lirik lagu ini mungkin nyambung sama salah satu artikelnya Tukang Bakmi Mana Lebih Pintar. Seringkali kalo kita ngeliat segala kejahatan, kemiskinan, kesusahan yang ada di sekeliling kita, rasanya tuh pengen ngomong ke Tuhan “Duh Tuhan liat enggak sih..Kok dibiarinin aja :(” Well, Bang Jimmy Needham pun pernah memiliki pertanyaan macam itu, tapi pada akhirnya dia sadar kalo Tuhan melihat, dan Dia bahkan melihat jauh dibalik semua itu - But it’s so hard to see So many broken people Living in this lonely city When it feels right to give up I get up and realize Your blood can cover all these stains And You don’t ever miss a thing No, no You don’t ever miss a thing

 

Part the Clouds – Akhirnya sampai juga di lagu yang ini.. Sebenarnya ini lagu di trek ke-8 tapi sengaja saya taruh di urutan terakhir. Kenapa? Karena nampaknya dari semua lagu yang saya suka di album ini, ini adalah lagu yang paling mengobrak-abrik hati saya, bahkan dari kalimat pertama :)

I like, like to be liked And no one likes to hear the truth And I’ve seen what the truth can do So I tried, tried to downsize The part of You that’s hard to tell But the layoff didn’t go so well..

Ah saya sekali itu :D saya suka disukai! Dan saya tahu, jika saya mulai berbicara mengenai kebenaran firman maka saya pun berpotensi untuk dihindari dan dicap jadi orang yang sok rohani.. Padahal kan sebenernya memberitakan tentang firman enggak perlu harus terlihat seperti orang yang menguliahi cukup ketika kita diberi hikmat untuk berbicara ya ngomong! Tapi masalahnya saya hampir tidak pernah berani berbicara hal rohani di luar komunitas ini :)

Lagu ini semacam menampar saya dengan berkata “Percuma berdoa setiap hari untuk orang-orang yang kamu kasihi supaya jiwa mereka selamat, tapi tak pernah sekalipun kebenaran firman Tuhan keluar dari mulutmu untuk mereka..”

Dan hal tersebut terangkum tajam dalam reff lagu ini, masih dengan alegori yang memukau..

We might as well just fold our hands / If we can’t call a spade a spade / ‘Cause we will miss the heart each time / If we won’t ever shoot them straight..

:’) saat mendengarkan lagu ini saya mengingat hari-hari dimana saya lebih mementingkan hubungan baik, diterima dimana saja dan tidak dianggap terlalu fanatik.. Hari dimana saya akan diam saja ketika pendapat saya ditanya mengenai sesuatu yang saya tahu itu salah..  Nothing’s wrong with that.. nothing’s wrong.. Except, It won’t do anything..

Ditulis Oleh LNY

Comments

comments