Good moment
Malam rabu (24 agustus) dimana hati gw campur aduk. Peluk guling, sama aja resah dan gelisah. Peluk boneka pleky, masih juga gak bisa tidur. Abis itu minum susu, dengerin musik sgala upaya agar bisa tidur malam itu, ternyata gak bisa tidur juga. And pada akhirnya jam 3 pagilah saya mengantuk dan lama kelamaan tertidur.

Malam itu bener-bener hati gw campur aduk. Antara senang, bingung, sedih, takut, bimbang dsb. Senang karena kuliah terakhir di smester ini. Apalagi kuliahnya sambil buka puasa bareng sekelas part 2 sama dosen magic and asistennya. Kenapa kita sebut dosen magic? Yup, karena doski bener-bener magic. Dari awal pertemuan mata kuliah doi, doi udah kasi kebebasan boleh sambil makan, sambil minum, sambil angkat kaki, doi bener-bener kasi kebebasan yang penting kita nyaman saat mengikuti mata kuliah tsb. Magic bukan? bagi gw itu magic, karena slama gw dari TK, SD – SMA, dan D3 sebelum S1 belom pernah gw nemuin tenaga mengajar jenis seperti ini. Terus magic yang selanjutanya, beliau bebas yang namanya UTS dan UAS. Huhuuuiiii, kalau itu mah, kabar baik bagi seluruh rakyat mahasiswa :D jadi doi bisa kasi nilai atas dasar dari keaktifan kita di kelas mau itu bertanya, memberikan pendapat dan lain sebagainya. Ada juga namanya tugas presentasi individual, paper individual, paper kelompok.

Mata kuliah doi adalah manajemen strategi. Dulu gw kepikiran mau nerusin S2 ngambil jurusan manajemen strategi / manajemen resiko. Alasan singkatnya, gw mau mempelajari lebih banyak strategi-strategi dan cara mengatasi resiko dalam aspek apapun terutama dalam organisasi. Eh gak taunya dapet mata kuliahnya di smester ini, hahahaiii. Di bilang mata kuliah yang gak rumit, tapi rumit juga sebenernya. Tapi yang pasti mata kuliah ini asik banget plus dosennya yang begitu magic. Jam kuliah doi jumat malam walaupun dalam keadaan ngantuk, udah capek seharian beraktifitas, agak malas mau ke kampus, tetapi tetep di perjuangkan untuk datang. Kalau doi menjelaskan di kelas, ngantuk sih (karena udah capek and udah malam) tapi kita tahu apa yang doi jelaskan. Slama ini parahnya dosen2 ngejelasin eh malah ngedongengin mahasiswanya pada akhirnya pulang gak ngerti apa-apa alhasil harus di pelajari sendiri. ada lagi dosen yang killer, galak, serem, marah2, maki2 di kelas yang membuat suasana tegang, otak pun ikutan tegang, muka di tekuk pulang pun hanya menghasilkan kekesalan di hati mahasiswanya. Dan unjung-ujungnya harus di pelajari lagi sendiri karena yang terngiang-ngiang marahan dan makiannya.

Pada saat gw merasakan pengajaran yang berbeda dari bapak magic ini, pastinya itu jadi moment yang berbeda dalam perkuliahan gw. Gw gak pernah nyatet pada saat matkulnya doi. Nyatet pun karena istilah2 nya ajah, selebihnya yang smua doi jelaskan gak gw catet. Tapi gw berani jamin, gw inget smua apa yang doi jelaskan. Secara garis besar udah ter save di hati dan pikiran gw. Dengan latar belakang doi yang S2 di ausie (impian gw tuh S2 di ausie :D) dan doi juga bekerja di BUMN nomer 1 di Indonesia serta prusahaan oil and gas lainnya, doi sosok yang rata-rata di senangi oleh mahasiswanya. Terlihat di facebooknya, twitternya, bbm an nya yang penuh dengan sharing2 dari orang-orang. Duh pokoknya doi magic abis deh, gw juga bingung gmn caranya mendeskripsikan kalau doi itu magic.

Kuliah terakhir sambil makan malam di restoran sushi, dengerin doi menjelaskan yang namanya strategi kepemimpinan. Setiap matkulnya doi, pasti banyak membuka cakrawala dan pikiran gw. Apa yang doi jelaskan selalu memberkati gw. Memberkati karena gw bisa bertumbuh dari matkul tsb. Hal yang paling gak gw suka dalam hidup ini adalah ketika sahabat, teman, orang-orang yang salah menilai seperti apa gw. Rasanya langsung sakit hati gitu kalau di pertemukan kita curhat sama sahabat kita, eh malah di cuekin ato malah berkata-kata kasar ato yang lebih parah lagi malah di hakimi *hiksHiks*, di salahkan padahal gak buat salah, atasan yang menyebalkan dan bossy, kita kerja baik-baik ajah tetep marahan yang di terima. Saran kita tidak di terima, masih mending gak di terima, lebih sadis lagi kalau saran kita gak di dengar sama sekali and tidak di respon sama sekali. And smua terjawab di mata kuliahnya doi ini. Gw banyak belajar tentang strategi gimana caranya menghadapi dan mengolah emosi yang baik. Makanya sekarang gw berusaha untuk menerapkan apa yang udah gw dapet dari mata kuliah doi. Walaupun mengimplementasikannya gak semudah membalikan telapak tangan, tapi pas diterapkan itu sesuatu kepuasan dan ketenangan / kedamaian jiwa, kalo po di kung fu panda bilangnya “inner peace”.

Hari rabu saat itu, gw belom sadar kalau itu kuliah terakhir sama doi. Padahal doi udah bilang : proses kalian belajar khususnya manajemen strategi tidak berhenti sampai disini. Kalian masih bisa sewaktu-waktu kalau membutuhkan saya, kalian bisa telepon saya, bbm saya, twitter saya, email saya dll. Proses belajar yang sebenarnya adalah ketika kalian berada di luar sana menghadapi sgala sesuatu yang bisa terjadi di luar sana. Doi udah bilang gitu, gw blom ngeh. Masih asik becanda2, mana doi juga doyan banget ngecengin, ketawa terbahak2, poto2, ternyata si bapakke narsis juga. Sampai2 ada 1 temen gw cewek request poto berdua ama bapak magic, wkwkwk. Saking magicnya itu. Trus selesei deh, pada pulang kecuali para cowok2nya masih nongkrong ama bapak magic di starbucks. Maybe temen-temen gw yang cowok blom puas kali sharing2 sama doi. Berhubung mreka cowok, bawa kendaraan sendiri yah bebaslah pulang jam berapa ajah.

Tengah malam gw and temen2 skelas masih komen2an poto and twitter2an ama bapak magic. Pas jam 1 an, mulai tersadar kalau doi gak ngajar lagi jumat depan dan seterusnya. Dalam hati gw ada yang bilang “Kuliahnya udah selesei ri”. Disitu gw merasa kehilangan sosok dosen magic (baru ngeh). Gw bakalan jarang denger ocehan doi, jarang dengerin doi ngajar, dengerin doi becanda dll :’( its okey. Hidup terus berlanjut and langkah kaki harus kedepan. Yang bikin gw seneng, masih bisa keep in touch sama bapak magic. Bisa konsultasi sama bapaknya kapan aja. And yang lebih yahud lagi nih, si bapaknya bbm in salah satu temen sekelas gw ngajakin………………. hahahaa.. ngajakin karokean sekelas =D katanya sih doi yang mau nraktir karoke. Yah namanya dosen magic yah, begitulah adanya :D. Gw terkesan banget pada saat di twitter doi mention ke gw bilang kalau kelas gw adalah “amazing class that i have experienced. Without you all i will be nothing, thats for sure”. Cuma bisa nyengir bacanya. Gw akui, kelas gw memang asik karena orang-orang di dalamnya pada friendly termasuk gw *uhuk* :p . Cocoklah jadinya amazing class and magic lecture =D

Sebenernya nih dosen juga bikin galau sih kayak dosen-dosen yang lainnya. Papernya ada 2 biji bo and deadlinenya sama. Satu paper individu, yang satu paper group. Saking seteres and desperadonya kali temen gw pernah nge tweet (i love magic, i love magic, I LOVE MAGIC!!!!!!). harusnya hari jumat tanggal 16 sept di kumpulin. Tapi kita sekelas request nih ngumpulinnya mundur lagi di hari senin. Bapaknya bilang “terserah yang penting ngumpulinnya kompak sekelas” #aseekk.

Inilah good moment yang gw alami dan gak bakal gw lupakan. Gak mudah juga untuk melupakan apa aja yang pernah beliau ajarkan and ilmu yang disampaikan. Gw hanya bisa mendoakan dosen magic selalu sukses, bertumbuh, terus belajar, tetep gaul, cepet merried :D (soalnya katanya belom merried) and slalu menjadi dosen magic bagi para studentsnya. Intinya doi slalu mengingatkan untuk menjadi orang yang humble, terus belajar, jangan men jugde orang, jangan cepat menilai seseorang, dan harus selalu mentorerir orang yang gagal. itu penting^^

Sekian cerita ‘good moment’ dari gw temen-temen. Thanks atas kesediaan waktunya untuk membacanya. kiranya dapat memberi inspirasi :)

Ditulis Oleh RS

Comments

comments