fWriter2Hai para Fosters mania, kali ini FOS Community review tentang film “Freedom Writer”. Freedom writer ini merupakan film yang menjadi inspirasi juga oleh para fosters. Film Freedom Writer dibuat berdasarkan buku “ Freedom Writer Diary”  yang terbit pada tahun 1999. Film ini dimainkan oleh Mario sebagai Andre Brion, Hillary Swank sebagai Errin Gruwell dan didukung pemain lainnya. Film Freedom Writer ini mengisahkan tentang kehidupan gangster yang ada di Amerika.  Pada tahun 1999 silam, di Amerika terjadi perselisihan gangster yang memperjuangkan warna kulit, kebanggaan dan kehormatan bagi kaumnya sendiri. Di Longbeach tahun 1994, tepatnya di Wilson Senior Highschool, anak-anak siswanya memisahkan diri mereka menjadi golongan kamboja, kulit hitam, kulit putih, dan orang latin. Mereka masing-masing memperjuangkan golongan mereka dan akan selalu membela golongan mereka apapun yang terjadi. Tidak heran pada waktu itu, banyak anak-anak SMA yang membawa senjata yang digunakan untuk melindungi diri mereka. Karena untuk keluar dari rumah, itu merupakan ancaman bagi hidup mereka. Sampai suatu saat ada seorang guru yang mengajar di Wilson Senior Higschool yang bernama Errin Gruwell, yang mengajar anak-anak di ruang 203. Selama Errin mengajar, dia berusaha untuk mengubah cara berpikir anak-anak itu. Untuk kembali bersatu tanpa melihat perbedaan yang ada.

Errin Gruwell memberikan mereka buku harian, dimana setiap anak bisa menuliskan kisah mereka didalam buku itu. Dan apabila kisah mereka bersedia untuk dibaca oleh Errin Gruwell, mereka bisa menaruhnya dilemari kelas mereka. Awalnya Errin Gruwel merasa tidak yakin akan caranya ini, karena dia sama sekali tidak mendapat dukungan dari sekolah ataupun dari keluarganya sendiri.

freedomwriterspicSampai pada akhirnya lemari buku itu penuh dengan buku harian dari anak-anak muridnya. Setelah Errin Gruwell membaca kisah mereka satu persatu, dia tahu bahwa diantara mereka banyak yang mengalami masalah didalam rumahnya (broken Home). Ada yang orang tuanya ditangkap oleh polisi karena membela kaumnya, ada yang diusir oleh orang tuanya karena gabung dengan komunitas gangster jalanan, ada yang mengalami kekerasan dalam keluarganya, dan sebagian besar dari mereka pernah masuk penjara anak-anak atapun kamp pengungsian dan masih menjadi penjagaan dari polisi sekitar. Banyak diantara mereka yang masih memakai alat pendeteksi jarak dikakinya, karena mereka masih menjadi penjagaan oleh polisi sekitar.

Singkat cerita, mereka melakukan perubahan yang luar biasa, dimana mereka bisa bersatu tanpa melihat golongan, mereka bersatu karena mereka memiliki hati yang bersatu dan memiliki kesamaan dalam hal latar belakang. Mereka mulai menulis kisah mereka satu persatu pada buku harian mereka masing-masing, yang akhirnya mereka menyatukan kisah mereka dalam satu buku yang berjudul “The Freedom Writer”.

Saat ini mereka juga membentuk suatu organisasi foundation Freedom Writer yang bernama “Freedom Writer Foundation”, dimana mereka mengutamakan persatuan tanpa melihat golongan mereka.

Film Freedom Writer ini juga menjadi inspirasi anak-anak FOS Community untuk membuat buku yang berjudul “True Story and Testimony”. Buku ini mengisahkan tentang kehidupan anak-anak FOS Community yang memiliki kisah-kisah yang luar biasa dan campur tangan Tuhan didalamnya.

Sekian Review film kita kali ini, mudah-mudahan ini bisa menjadi rekomendasi film yang baik untuk kita semua dan bisa menjadi inspirasi kita. Tuhan Yesus Memberkati.

Comments

comments