FOS Community tiap bulannya bakal ngasih profil komunitas-komunitas Kristen yang seru. Nah untuk profil komunitas bulan ini yang udah diliput sama FOS adalah profil komunitas JUICY! Simak yuk liputan komunitas yang dibuat oleh Sist Evi salah satu anggota FOS yang juga anggota komunitas JUICY loh ^^


35Aii aii, kita mau kenalan nii dengan satu komunitas yang nama’a JUICY. Bagaimanakah bentuk dan rasanya? Yuu sama-sama kita cicip, Cilluk baa :D

Nama komunitas kami JUICY, Akromini dari Joshua’s Unlimited Community, yang artinya komunitas Joshua yang gak terbatas. Siapapun yang punya kerinduan untuk sama-sama mengenal Tuhan en melayani, boleh ikutan sama kita kok. En kita bener-bener berharap komunitas ini tetap ada sampai generasi-generasi selanjutnya, pokoknya tak terbatas lah, Hehe.. JUICY  diresmikan (bahasa kerennya dihajatin) Sabtu, 14 Juni 2008.

1_280426123mKita-kita udah saling kenal sejak lama. Beberapa dari kami bahkan udah saling mengenal saat kami masih Sekolah Minggu. Nama JUICY sendiri baru ada sekitar 9 bulan nii, tadinya sih namanya pemuda-remaja GKAI Cibubur, kenapa? Karena kami sama-sama beribadah en melayani di Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI) Cibubur. Aku (Evi) pertama kali ikut kegiatan remaja saat aku kelas 2 SMP, tung itung itung, berarti dah sekitar lima tahun ikut pemuda-remaja ^^ Kadang kita ibadah pemuda-remaja di gereja, kadang di rumah jemaat. Begitu banyak asam garam (tsaah) yang kami lalui dalam persahabatan en pelayanan J selain itu kami juga banyak makan gula jawa, biar tambah manis, hahai..

Oiya, nama komunitas kami bukan asal pilih nama yang keren, tapi ada ceritanya Lowh, jadi begini, sebagian besar dari kami adalah guru-guru Sekolah Minggu. Pada sekitar bulan Mei, kami mendengar kabar bahwa adik kami, Joshua Rumohorbo, seorang anak Sekolah Minggu sakit kanker. Dengan segenap hati kami bersama Hamba Tuhan lainnya, berdoa dan berpuasa bagi kesembuhan adik kami, namun Bapa di Sorga berkehendak lain. Pada Selasa, 27 Mei 2008, adik kami yang tercinta menghembuskan nafas terakhirnya. Begitu besar rasa kehilangan kami. Ya, begitu sakit rasanya. Lalu ayah dari Joshua menyediakan tempat ibadah bagi kami di rumahnya, dan meminta agar kami dapat mengenang Joshua. Saat itulah kami berembuk untuk mencari sebuah nama untuk mengenang Joshua. Teman kami, Niki, mengusulkan nama JUICY (Joshua’s Unlimited Community). Setelah pemungutan suara, nama itulah yang menjadi nama komunitas kami.

Oiya kami juga punya visi dan misi, yaitu SMS (Satu Menangkan Satu). Kenapa harus satu? Kenapa gak sejuta? Well guys, kami belajar untuk setia pada perkara yang kecil untuk hal yang lebih besar, walaupun kenyataannya susah sekali untuk memenangkan (bahkan satu sekalipun) . Yap, kami rindu sekali memenangkan seseorang yang Tuhan taruh dalam hati kami. Yang dimenangkan, memenangkan satu lagi, terus begitu seperti rantai. Kalo lebih dari satu? Waah, Haleluya!! JUICY bernaung di bawah otoritas GKAI, begitu pula untuk dasar biblikal dalam komunitas kami. Ayatnya dari Matius 28:19-20.

n840729535_1155625_9857Kalau ditanya tentang jumlah anggota, kita bingung juga ya, hehe.. Karena eh karena, pemuda remaja itu kan dari yang SMP sampai yang kerja. Ada rencana pemuda dan remaja bisa dipisah, tapi karena terbatasnya tempat, pelayan, dan kurang terkondisinya keadaan, rencana itu di-cancel duyu (Lho, kok jadi curhat sii? hoho..) Yang saat ini aktif dalam kegiatan JUICY ada sekitar 23 orang. Cowonya itu lowh, limited bgt, sekitar 5 orang. Huhuhu T_T oiya, komunitas ini di ketuai oleh Hanna Veronica, di bantu oleh sekretaris yang cantik, Evi, serta bendahara yang hemat, Rebecca :D

Tempat biasanya kita kumpul di GKAI Cibubur lah pastinya! Hehe.. Rumah Bapak.Rumohorbo (Ayah dari Joshua), rumah Kak Melly (koordinator Sekolah Minggu), kadang juga nonton DVD en ngerujak di rumah Evi xD oiya, tak lupa warung Pop Ice di belakang gereja. Haha..

4Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan? Wuuua, buuanyak banget!! Retreat, seminar guru-guru sekolah minggu, ikut KKR, ngadain seminar Love, sex and dating, Natal, nginep di gereja buat acara tahun baruan, berenang (terkunci bersama di kamar mandi kolam renang. hahaha) Bnyaak bgt yg kita lakuin bareng :) Udah  2 tahun nii pemuda remaja jadi panitia natal umum juga sekolah minggu, malah tahun 2008, kami jadi panitia natal umum, sekolah minggu, juga pemuda remaja-gabungan Cibubur-Cimanggis di panti asuhan Bersinar. Cape sii, tapi bener dah, menyenangkan banget :D hohoho.. Untuk Proker tahun nii, kami  bikin mading, acara refreshing akhir bulan (nuntun pilm, main basket), setiap minggu ada latihan gitar, keyboard juga ada. Rencananya kita juga mau bikin natal pemuda-remaja gabungan (doakan yaa ^^) untuk dana, setiap minggu ada gerakan seribu (seribu/orang untuk kas), celengan juga ada lowh, chahahaha.. Juga dari persembahan :) karena sebagian besar dari kami adalah guru-guru SM, maka kegiatan kami juga gak lepas dari Proker SM. Selain natal SM, Paskah nanti, kami ibadah padang di Puncak, en bulan Juli, da Bible Camp lowh. Oiya, sekitar Juli/Juni JUICY juga bikin retreat :)

Nah ini wawancara singkat FOS untuk JUICY….

1. Pernah gak sih dalam komunitas ada perselisihan? trus gimana menanganinya?

Pernah dong! (kok bangga gitu sii jawab’a? haha..) Biasanya kita selesaikan secara kekeluargaan, musyawarah lah. Kalau tak selesai, yang bermasalah kita penjara! Haha, enggak Laa. Kalo tak selesai, Gembala yang turun tangan :D

Kita semua di kumpulin (yang bermasalah, maupun yang tak bermasalah xD) di omongin bareng-bareng, berdoa (nangis-nangisan dah, hahai) terus saling maafin satu sama lain. Guys, kadang masalah tak selalu langsung selesai, ada juga yang saat itu belum siap untuk memaafkan walaupun kita dah nangis-nangis pula, hhe..

Bang Moan (Gembala GKAI Cibubur) biasa’a bilang : Masalah ini udah selesai, selesai berati gak boleh bahas-bahas lagi kesalahan (atau keegoisan) di masa lalu, gitcyu..

2. Teyus, hal-hal paling seru apa yang pernah dilakuin bareng-bareng sesama anggota komunitas?

Elisabeth :Banyak bgt!! Tapi yang paling seru menurut gua, waktu kita nginep di gereja  dalam rangka tahun baruan. Sharing akhir taun, ngisi testimonia buat tiap orang, mam roti bakar, main UNO, hhe..  Tidur di lantai gereja ditemani kerlap-kerlip lampu pohon natal, Suasananya itu lowh, enak bgt!!”

Rani : “Yang paling berkesan waktu kita retreat!! Huwaaa, mau lagi!!”

Hanna : “Waktu kita retreat, tahun baruan, en waktu kita natalan di panti asuhan Bersinar, hehe.”.

Evi : “Stiap kegiatan yang kita lakuin bersama, gua suka, gua nikmatin bgt! Hehe.. Makan bareng,  masak bareng, pop ice bareng, bobo sama yg cewe2 bareng, untung pacar gak bereng-bareng, hhe.. Tapi yang paling gua nikmati adalah bertumbuh bersama kalian :) mengenal Yesus, en berjuang bersama :) Ayuu kita semangat buat Proker tahun nii!! Chehehehe..”

3. Karena ini bulan Summa Testimonia, ada ide gak sih gimana caranya biar semua orang bisa ngasih kesaksian2 mengenai Yesus dalam hidup kalian?

Rindu : “Dengan kita bersaksi terlebih dahulu, kita bisa jadi contoh lah.”

Rani : “Betul itu!! (langsung nyambung gitu Ran –”) jadi teladan dulu, en gua pengen bgt bisa jadi kakak rohani, jadi pendengar yang baik, yang tidak di buat-buat.”

Elisabeth : “Yap, jadi contoh, garam dan terang. Jadi motivator orang lain untuk ikutan bersaksi mengenai Tuhan Yesus.

Evi : Waaah, wise sekali teman-teman kuh, terharu aku. Hahaha..”

4. Next question. Gimana perasaan kalian bisa gabung di JUICY?

Mereka menjawab : “Senaang!!”

(Okeh, kayanya itu pertanyaan yang sia-sia untuk diajukan melihat mata kalian yang berbinar-binar –”)

5. Kalian kan juga punya teman ataupun sahabat, baik di kampus, sekolah, atau di alam manapun kalian berada. Terus, apa bedanya sama anak-anak di JUICY?

Patricia : “Beda lah! Emang sih gua punya temen-temen baik di sekolah, tapi JUICY adalah tempat gua bertumbuh, lebih mengenal Tuhan. Beda dengan temen-temen sekolah.”

Rani : “Ehem, sebenernya kebanyakan temen-temen di SMA gua tuh munafik. JUICY lebih asik, pengertian, lebih enak di ajak cerita.”

Hanna : “Kebanyakan temen-temen kuliah gua, ngomongnya sembarangan, gak di saring dulu. Berbeda dengan JUICY. Ciiiye..”

Evi : “Dari sejuta tahun cahaya yang lalu, gua emang bertumbuh di lingkungan gereja. Gaul sama anak-anak yang gak kenal Yesus, mang beda rasanya. Lebih manis gaul sama yang mengenal Yesus :)”

Elisabeth : “Kalo sama temen-temen baik di SMA ataupun di tempat kerja, gua jarang cerita-cerita tentang kehidupan pribadi gua. Gua lebih suka sharing sama kalian.”

6. Gimana dengan pemecahan masalah di JUICY? Dah okay, atau masih ada yang perlu diperbaiki?

Elisabeth : “Masih ada aja yang belum terbuka. Oiya, masalah yang gak semua harus tau jangan sampe menyebar dong. Hehe..”

Rani : “Kadang terbukanya cuma setengah. Kalo terbuka setengah, ya masalahnya juga cuma selesai setengah.”

6. Terakhir, harapan Bang Moan selaku Gembala GKAI Cibubur?

Bang Moan: “JUICY menjadi orang-orang yang dewasa rohani.”

(ciiiap bang!! ^^)

Joshua’s Unlimited Community

Hanna, Rebecca, Mia, Niki, Elisabeth, Rani, Jesika, Ucok, Fero, Ricca, Maulina, Evi, Ester, Joshua, Bayu, Veka, Bang Cakra, Rindu, Patricia, Yuli, Anita, Putri, etc. Gak mustahil, kamu yang selanjutnya!! :)

Dear: JUICY yang penuh semangat,

Thx God banget gua bisa jadi bagian dari kalian. Bisa bertumbuh dan saling menguatkan. Juga saling meledek en tertawa yang jelek bgt!! (kadang gua mikir, nii komunitas rohani atau grup lawak ya?)

Gak ada yang kebetulan, ya kan?

Gak kebetulan juga gua di jampi-jampi Hanna karna laporan pertanggungjawaban yang telat, haha. Ato rindu yang tenggelem pas berenang :D

Gak selalu guys, kita dalam lingkungan yang nyaman. Kesel, marah, ngerasa useless, banyak gesekan (dan cubitan) itu karena hubungan kita yang dekat.

Yang kita pegang dan percaya, Tuhan Yesus punya rencana, Dia belum selesai dengan kita :)

Thx for all,

love you all,

Gb :)

Comments

comments