Periode waktu: Hakim-hakim~1400-1000 sebelum masehi

“Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.” Habakuk 3:17-18

Latar belakang

Salah satu cara Allah mendisiplinkan orang Israel dari dosa mereka adalah dengan memberi bencana kelaparan pada seluruh wilayah, dengan mendatangkan kekeringan dan juga serangga seperti belalang. Selama satu periode kelaparan, Elimelek, seorang dari Bethlehem, membawa istrinya, Naomi, beserta kedua anaknya menuju Moab. Keluarga itu tinggal di Moab 10 tahun lamanya, kemudian Elimelek meninggal dan membuat Naomi hidup menjanda. 2 orang anaknya menjadi besar dan menikahi wanita Moab. Anak laki-lakinya meninggal dan menjadikan Naomi tinggal dengan menantunya.

Pelajaran Hari Pertama

Mengenal Naomi dan Ruth

1. Baca Hakim-Hakim 21:25. Ini merupakan kunci dari kitab Hakim-Hakim. Apa yang diungkapkan dalam ayat tersebut?

2. Baca Rut 1:1-22. Deskripsikan tentang……

a. Naomi

b. Ruth

3. Pendalaman lebih lanjut (opsional): cari tahu tentang Moab dan agama penduduknya untuk mengetahui bagaimana Rut dibesarkan, apa yang dialami Naomi saat hidup di tanah tersebut, membesarkan anak-anaknya sendirian, melihat mereka menikah dengan wanita Moab dan informasi lain untuk menghadirkan kisah hidup mereka kepadamu.

4. Apa yang Ruth katakan pada Naomi dalam Rut 1:16-17? Apa yang menurutmu telah ia pelajari dari Naomi?

5. Hubungan apa saja yang kira-kira Rut tinggalkan untuk mengejar keyakinan barunya?

6. Perjalanan hidup Anda: apakah keyakinan Anda telah menyebabkan perpisahan antara Anda dengan keluarga atau seseorang yang sebelumnya sangat dekat dengan Anda? Jelaskan!

7. Ceritakan kisahmu: Naomi mengucapkan kalimat emosional pada Rut 1:20-21. Dia merasakan kesedihan yang amat mendalam (kenestapaan)—emosi normal manusia yang sering terjadi karena sakit hati dan kesedihan yang berkepanjangan.

8. Diperkirakan Naomi berumur akhir 40-an dan Ruth awal 20-an, sebagai mertua dan menantu, bagaimana hubungan mereka?

9. Saat kondisi ini, dalam hal apa mereka menolong satu sama lain?

Pelajaran Hari Kedua

10. Baca Rut 2:1-23. Bagaimana cara Naomi menasihati dan menyemangati Ruth?

11. Bagaimana Ruth merawat Naomi? Bagaimana tindakan dan sikapnya?

12. Emosi apa yang mungkin dirasakan…

a. Naomi

b. Ruth

13. Apa yang diungkapkan dalam Rut 2:11-12? Bagaimana Naomi mengungkapkan “kisahnya”, khususnya tentang Ruth?

14. Pada masa itu pria umumnya adalah pemilik harta bukan wanita. Dengan tidak adanya pria dalam keluarga, wanita tidak memiliki apa-apa. Baca Ulangan 24:19-22; Imamat 19:9-10; 23:22. Tidak seperti budaya di sekitar mereka saat itu yang tidak mengatur ketentuan yang bersifat sosial. Apa ketentuan khusus yang Allah buat untuk wanita Israel dengan situasi seperti ini? Bagaimana hal ini mengembangkan rasa kepedulian dalam komunitas?

15. Baca Rut 3:1-4:12, dalam Rut 3:1-6 Nasihat apa yang diberikan Naomi kepada Rut?

16. Hukum “Penebus Kerabat” diperkenalkan kepada bangsa Israel dalam Imamat 25:23-55. Baca ayat-ayat tersebut. Apa tujuan Allah dengan menyediakan pilihan itu?

Pengetahuan kitab suci: Hukum “Penebus Kerabat” melindungi yang miskin dari ekploitasi yang berkuasa dan yang kaya dari kebebasan menjarah orang lain. Sang penebus harus merupakan kerabat dekat yang dapat menebus dan mau menebus. Dia tidak diwajibkan untuk menebus tetapi diharapkan untuk melakukannya. Menolaknya berarti menyakiti keluarganya dan juga sukunya. Lahir di Betlehem, Yesus Kristus menjadi kerabat dekat kita. Dia dapat menebus dan mau menebus kita, dia menyelamatkan semua yang percaya kepadaNya.” (W.W.Wiersbe, With the Word, hal. 157)

17. Baca bacaan-bacaan berikut ini. Ceritakan siapa yang ditebus pada setiap kutipan (Catatan: “penebus” dan penebus kerabat” adalah sama artinya dengan goel dalam bahasa Ibrani.)

a. Imamat 25:25-28

b. Imamat 25:47-49

c. Bilangan 35:19-21

d. Ulangan 25:5-10

18. Ruth diperkenalkan terhadap hukum “penebus kerabat.” Baca Ruth 1:11-13, 2:20, 3:9-13 dan 4:1-10.

19. Apa yang Ruth pelajari tentang kesetiaan Allah kepadanya melalui hukum “penebus kerabat”? (catatan: Ibu Boas adalah Rahab (pelajaran 3)—bukan orang Israel, yang juga merasakan kebaikan Tuhan dan umatNya)

Pelajaran Hari Ketiga

20. Baca Rut 4:13-22. Apa yang Allah lakukan untuk Ruth dan Naomi?

21. Bagaimana Allah memberkati kita melalui pernikahan yang baru ini? Lihat Rut 4:22, Matius 1:3-6 dan Luk 3:32

22. Ruth dan Naomi menunjukan loyalitas. Apa arti loyalitas dalam KBBI?

23. Kepada siapa dan kepada apa kita harus loyal? Jelaskan

24. Baca Tit 2:3-5 Dalam hal apa wanita yang lebih tua menasihati dan menyemangati wanita yang lebih muda?

25. Mindset apa yang harus dimiliki wanita yang lebih muda?

26. Apa manfaat bagi keduanya?

27. Perjalanan hidup Anda: Allah tahu bahwa kita saling membutuhkan satu sama lain. Dia tidak meninggalkan kita sendiri. Dalam Kristus, kita semua adalah saudara. Wanita Kristen seharusnya saling menasihati dan menyemangati satu sama lain, khususnya dalam masyarakat. Saat di mana mereka jatuh dan dipindahkan ke tempat yang jauh dari keluarganya. Hal yang hanya dapat dimengerti oleh wanita lain

a. Wanita yang lebih muda-adakah seseorang dalam grup atau hidupmu yang akan kamu percayai nasihatnya? Pergilah kepadanya untuk memberitahunya tentang kebutuhan dan kerelaanmu untuk menerima nasihatnya

b. Wanita yang lebih tua- adakah seseorang dalam grup atau hidupmu yang dapat Anda jadikan teman dan Anda semangati? Pergilah kepadanya untuk memberitahunya tentang kebutuhan dan kerelaanmu untuk menyemangatinya

28. Perjalanan hidup Anda: jika Anda menikah atau satu dari anak Anda menikah, evaluasi hubunganmu dengan ibu mertua/ menantu perempuan Anda. Bagaimana mengaplikasikan pelajaran ini dalam hubungan Anda? Minta seseorang dari grup untuk mendoakan Anda khususnya dalam hal pertanggungjawaban komitmen Anda?

Pelajaran Hari Keempat – perjalanan dari ketakutan menuju iman

Allah mencintai Ruth dan Naomi. Dia tahu apa yang terjadi dalam hidupnya: Naomi menghadapi kesedihannya setelah kematian suami dan kedua anak laki-lakinya tetapi tidak pernah berhenti untuk mempercayaiNya. Relasi Rut dengan Allah dimulai dengan relasi yang umum dibangun Allah kepada manusia-manusia lain. Rut belajar kepada seseorang yang mengetahuiNya secara baik. Seseorang itu adalah Naomi. Mereka berdua bukan hanya alat Allah terhadap masing-masing, tetapi juga jalan bagi Dia untuk membuat diriNya diketahui orang banyak melalui hidup mereka. Anda mungkin pernah mengalami kesedihan yang mendalam dan menghadapi tantangan yang sangat besar. Tetapi seperti Naomi dan Rut, percayalah…

  • Allah mencintai saya.
  • Allah tahu apa yang terjadi dalam diri saya.
  • Allah dapat berbuat sesuatu mengenai hal tersebut.
  • Saya percaya akan kebaikanNya apapun hal yang dibuatNya.

29. Situasi apa yang dapat membuat Naomi takut? Bagaimana dia menanggapi Allah dengan iman?

30. Apa yang dapat membuat Rut takut? Bagaimana dia menanggapinya?

31. Perjalanan hidup Anda: Baca Hab 3:17-18, Dan 3:16-18 dan lirik lagu berikut. Keputusan apa yang harus kita perbuat ketika situasi terasa berat? Apakah Anda cukup percaya kepada Allah untuk membuat keputusan itu? Jika demikian, beri contoh dari kehidupan Anda

Aku dapat menghitung jutaan kali orang bertanya kepadaku bagaimana aku dapat memujiMu dengan semua yang telah kualami. Pertanyaan itu mengejutkanku. Dapatkah kesulitan mengubah aku di dalamMu. Mungkin hidupku telah berubah jauh sebelum saat-saat hujan seperti ini. Tidak pernah terbersit di pikiranku untuk berpaling dariMu, O Tuhan, perlindunganku dari badai. Sebaliknya aku semakin mendekatkan diri kepadaMu pada saat-saat ini. Aku berdoa…

Berilah aku suka cita, kedamaian dan kebebasan. Berilah aku apapun yang mendatangkan kemuliaan bagiMu. Dan aku tahu akan ada saat-saat di mana kesakitan datang. Tetapi jika hal itu mendatangkan pujian bagiMu, O Yesus, bawalah hujan itu. (“Bring the Rain” oleh MercyMe)

Comments

comments