Pembelajaran ini terdiri dari 9 bagian yang diatur secara urut berdasarkan sejarah Perjanjian Lama. Bagi yang tidak mengetahui sejarah Israel dalam Perjanjian Lama, terdapat pengantar mengenai sejarah Israel pada periode zaman tersebut disertai dengan kehidupan 1-2 wanita yang hidup pada zaman itu.

Dalam satu babak pelajaran terdapat 4 bagian yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit per hari. 3 bagian pertama berisi tentang bacaan sedangkan pada bagian terakhir terdapat ajakan untuk merefleksikan apa yang sudah dipelajari. Tujuan dari pembelajaran ini ialah membangun waktu untuk belajar firman selama 5 hari per minggu, 4 hari secara pribadi dan 1 hari secara kolektif bersama kelompok kecil.

Dasar Pembelajaran

Petunjuk pembelajaran ini terdiri dari 9 bagian yang diatur secara urut berdasarkan sejarah Perjanjian Lama. Jika Anda tidak dapat mengikuti seluruh pelajaran dalam satu minggu, bacalah kutipan kitab suci yang diulas.

Proses pembelajaran kitab suci: setiap pelajaran terdiri dari pertanyaan utama yang mengulas mengenai narasi kehidupan wanita pada periode tersebut. Pertanyaan tersebut akan membawa Anda ke dalam proses pembelajaran kitab suci secara induktif (observasi, interpretasi dan aplikasi). Pembelajaran tersebut akan lebih mudah dipahami dengan menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa yang disampaikan dalam bacaan? (observasi: apa yang sebenarnya ada dalam bacaan)
  • Apa arti yang ingin disampaikan dalam bacaan? (interpretasi: arti yang ingin disampaikan pengarang) banyak pertanyaan yang merupakan pertanyaan interpretasi
  • Bagaimana saya dapat menerapkan isi bacaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari? (aplikasi: bersifat pribadi) pertanyaan mengenai kehidupan Anda adalah pertanyaan aplikasi dalam pembelajaran ini yang membimbing Anda untuk berintrospeksi dan mengaplikasikan hal-hal yang dipelajari dalam hidup Anda.

Pendalaman lebih lanjut (pilihan): di dalam setiap bagian terdapat pertanyaan opsional untuk mendalami lebih lanjut mengenai subjek tersebut ataupun informasi yang mendukung mengenai subjek tersebut. Kita tidak memiliki waktu yang memadai. Saat Anda berdiskusi dengan kelompok Anda, Anda dapat membagikan informasi tersebut dengan izin pemimpin kelompok.

Bantuan dalam pembelajaran: untuk membantu memperoleh interpretasi dan aplikasi dari pelajaran ini, bantuan tambahan disediakan dalam setiap pelajaran seperti:

  • Pengetahuan sejarah
  • Pengetahuan kitab suci
  • Cerita dari Ibrani
  • Pendalaman arti
  • Refleksi

Ceritakan kisahmu

Pelajaran ini berisi tentang perjalanan iman dari banyak wanita, baik dari masa lalu maupun masa sekarang ini, setiap wanita memiliki kisah tentang kepercayaanya kepada kesetiaan dan kebaikan Allah. Bacaan kitab suci menceritakan tiap kisah wanita dari Perjanjian Lama. Untuk belajar menulis cerita Anda, Anda akan didorong untuk menuliskan kisah/pengalaman yang berhubungan dengan pelajaran tersebut dalam bagian “Ceritakan kisahmu”. Di akhir pelajaran, Anda akan memiliki potongan-potongan cerita yang disatukan dalam bagian “Kisahku” sebagai kisah perjalanan iman Anda bersama Allah.

Comments

comments