Salah satu serial Amerika favorit saya adalah sebuah acara reality show dengan judul “Undercover Boss”. Waah nonton acara realitas ini selalu sukses deh bikin saya berderai air mata, minimal mata saya pasti berkaca-kaca di akhir acara.

Sebenernya acaranya tentang apa sih? Jadi acaranya tuh sejenis acara-acara reality Indonesia seperti Jika Aku Menjadi atau Minta Tolong. Tapi bedanya adalah di acara ini diikuti oleh seseorang yang memiliki sebuah perusahaan besar. Saya ambil contoh di sebuah episode ada seorang bos besar yang memiliki usaha jasa perbaikan ledeng panggilan. Bukan cuma sembarang jasa ledeng loh, tapi jasa perbaikan ini dikelola dengan teknologi yang maju, peralatan-peralatannya juga mutakhir, kalo ngeliat penyumbatan ledeng disebabkan oleh apa, para pekerjanya dilengkapi sama video mini yang bisa dimasukin ke pipa terus keadaan pipanya bisa dilihat di layar yang ada di dalam mobil. Wah keren deh.

Nah si bos besarnya ini, sang pemimpin di tingkatan paling atas perusahaan tersebut bersedia mengikuti acara Undercover Boss. Dia ingin melihat kinerja para pegawainya yang ada di tingkatan paling bawah yang bahkan enggak pernah sama sekali dia temui. Dia juga ingin tahu suka duka mereka dengan merasakan secara langsung. Nah akhirnya menyamarlah dia menjadi seperti orang biasa yang ‘ceritanya’ sedang mengadakan riset mengenai pekerjaan-pekerjaan yang ada di Amerika. Karena itu dia mencoba segala jenis pekerjaan dengan disertai liputan kamera.

Setiap hari selama beberapa hari dia mencoba satu jenis pekerjaan bersama dengan pegawai asli perusahaan tersebut yang menerangkan pekerjaannya. Dari mulai jadi pekerja yang benerin langsung pipa dan bersihin kloset kamar mandi yang tersumbat, para pembuat peralatan sampe operator yang menerima pesan dan komplain dari para pelanggan.

Setiap hari dia semakin mengenal para pekerja-pekerjanya dan turut merasakan kesulitan-kesulitan mereka yang tidak pernah ia tahu sebelumnya. Ia sering merasa terharu di akhir hari karena tidak menyangka betapa sulitnya pekerjaan bawahannya dan betapa mereka telah bekerja sangat keras untuk hasil yang mungkin sangat tidak seberapa.

Pada akhirnya si bos yang menyamar ini membuka identitasnya dan memanggil para pekerjanya. Dia menyiapkan banyak kebijakan baru dan bonus untuk pekerja-pekerja yang telah bekerja keras dengan setia. Sangat mengharukan! Karena para pekerjanya itu enggak menyangka kalo bos besar mereka rela menyamar dan mau merasakan apa yang mereka rasakan.. Spontan semua pun menangis begitu juga saya :’)

Dan serial Undercover Boss bukan saja membuat saya terharu tapi mengingatkan saya akan sesuatu. Mengingatkan saya tentang KASIH yang bisa membuat seorang manusia melakukan hal yang luar biasa bagi sesamanya. Dan jika seorang manusia bisa melakukan hal itu, bukankah Tuhan yang kita sembah juga memiliki kasih yang standarnya lebih besar dari itu?

Kalo seorang bos dari sebuah perusahaan besar rela menyamar untuk merasakan apa yang dirasakan oleh pekerja-pekerjanya. Apakah terlalu sulit bagi dunia untuk percaya bahwa BOS diatas segala bos rela merendahkan diriNya, taat hingga di kayu salib demi menyelamatkan umat-Nya?

“Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.” Filipi 2:5-7

Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Ibrani 4:14-15

Dan bukankah hal yang luar biasa  jika kita memiliki Tuhan yang juga ikut merasakan apa yang kita rasakan?

Bagi dunia itu kebodohan.. Tapi bagi kita umat yang percaya, itulah yang dinamakan dengan KASIH..

KASIH dengan standar Bapa Pemilik Alam Semesta..


Selamat Hari Natal :)

Tuhan Yesus Kristus Memberkati

Ditulis Oleh LNY_FOS Community

Comments

comments