Minggu, 15 Agustus 2010

Hello.. Selamat datang di hari ke-2 FEC. Ayo bangun..bangun.. ! Kita sapa Bapa kita yuk. Ayuk..ayuk..sebelumnya, apa kabarnya pagi ini sobat?? Katakan luar biasa, fantastik dan yess.. Sambil melompat setinggi-tingginya yah. Hehehe..

[imagebrowser id=5]

Saat Teduh : Kecil Bukan Berarti Tidak Penting:
Ada 2 cerita yang dibagikan Ko Min2 pagi ini ;

1. Seorang Kristen, kepala keluarga yang hidup takut akan Tuhan. Ia memiliki 3 orang anak, yang pada suatu hari nanti salah seorang anaknya ini akan menjadi orang besar yang memperkenalkan Kristus kepada dunia. Mau tau ceritanya?? Mari kita panggil Bapak ini dengan sebutan Papa Ten Boom. Papa Ten Boom hidup pada zaman Hitler, pasukan Nazi dan pembantaian orang-orang Yahudi. Papa Ten Boom lain dari kebanyakan orang-orang Kristen lainnya. Di saat orang-orang sekelilinginya menutup mata, tunduk, pasrah bahkan mungkin menyetujui tindakan pembantaian orang-orang Yahudi. Papa Ten Boom malah berani mengambil resiko untuk menolong, menyembunyikan bahkan memelihara orang-orang Yahudi di dalam rumahnya. Setiap kali ada pemeriksaan orang-orang Yahudi dari rumah ke rumah, Papa Ten Boom selalu berhasil menyembunyikan orang-orang Yahudi itu. Sampai suatu ketika pasukan Nazi dapat mencium kehadiran orang-orang Yahudi di rumahnya, sehingga Papa Ten Boom dan seluruh keluarganya dimasukkan ke dalam penjara. Yang namanya penjara pasti gak enak banget, penyiksaan dan penderitaan itu yang paling dikenal. Bertahun-tahun sampai Papa Ten Boom dan satu persatu anggota keluarganya mati dalam penjara, hanya 1 anak yang berhasil kabur dan selamat. Nama anak ini adalah Corrie Ten Boom. Bukan persungutan, kekecewaan sama Tuhan atau kejamnya dunia yang ia tunjukan. Tapi setelah melewati masa-masa di penjara,  ia bangkit menjadi penolong dengan membuat tempat pemulihan untuk orang-orang yang berhasil lolos dari camp konsentrasi, menampung para pengkhianat Belanda yang bekerjasama dengan Jerman dan menjadi pembicara ke seluruh dunia.

2. Seorang laki-laki bernama brother Andrew bersama truk yang dikendarainya, setia membawakan alkitab ke daerah yang belum terjangkau injil. Lebih tepatnya sih menyelundupkan alkitab yang tiap kali bertambah satu demi satu, sampai memenuhi truknya. Anehnya alkitab yang dibagi-bagikan secara gratis itu gak pernah ketahuan ketika dicek di daerah perbatasan.

So, apa kesimpulan dari 2 cerita diatas sobat?

Matius 25:21
“Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatan mu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu”


Setia dalam perkara yang kecil, apapun yang dipercayakan kepada kita lakukanlah dengan setia. Hal kecil yang kita lakukan dengan setia bisa menjadi hal yang besar suatu hari nanti. Hal kecil yang kita lakukan mungkin memang kecil buat kita, tapi berdampak besar untuk orang lain. Jika Papa Ten Boom tidak setia memperkenalkan Tuhan mulai dari masa kanak-kanak, mungkinkah Corrie Ten Boom bisa menjadi orang yang luar biasa dalam memperkenalkan Tuhan kepada dunia? Jika brother Andrew tidak setia menyelundupkan alkitab, mungkinkah penduduk yang tidak terjangkau dengan injil itu dapat mengenal Tuhan? Pikirkanlah hal-hal baik apa yang dapat kamu lakukan, meskipun kecil lakukanlah dengan setia.

Setelah menerima makanan rohani, sarapan jasmani yuk! Met makan ^^

Ibadah Minggu : With Arms Wide Open

Galatia 4:12-14

“Aku minta kepadamu, saudara2, jadilah sama seperti aku, sebab aku pun telah menjadi sama seperti kamu. Belum pernah kualami sesuatu yang tidak baik daripada mu. Kamu tau, bahwa aku pertama kali telah memberitakan injil kepadamu oleh karena aku sakit pada tubuhku. Sungguhpun demikian keadaan tubuhku itu, yang merupakan pencobaan bagi kamu, namun kamu tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang hina dan yang menjijikan, tetapi kamu telah menyambut aku, sama seperti menyambut seorang malaikat Allah, malahan sama seperti menyambut Kristus Yesus sendiri”

Hai guys, satu hal yang perlu kita sadari bahwa Tuhan selalu menerima kita apa adanya. Mungkin kita sering merasa gak layak datang sama Tuhan. Kita liat hidup kita, kita liat dosa-dosa yang telah kita perbuat. Tuhan selalu menyambutmu, guys. Sejak awal tanganNya selalu terbuka lebar untukmu. Tembok-tembok yang menghalangimu untuk datang pada Yesus, Yesus bilang “Sudah selesai”. Maka Tuhan juga mau kalo kamu dapat menerima diri kamu sepenuhnya. Diri kamu sangat berharga dan orang di sekelilingmu juga sangat berharga. So..mari belajar untuk menerima, untuk menyambut mereka dengan tanganmu yang terbuka lebar tanpa persyaratan seperti apa yang telah Yesus lakukan untuk kita. Sambutlah mereka seperti kamu telah menyambut Yesus masuk dalam kehidupanmu.

[imagebrowser id=6]

Talk Show : Cool Facts About Bible

Ngobrol-ngobrol seru yuk bareng kakak-kakak kita yang mantap, ada Kak Ferry, Bang Sigit dan Ko Min2. Juga ada moderator kita yang acik Tian dan Erwin. Ciappp..ciap, hehe..

1. Injil adalah kabar baik. Bagaimana orang lain bisa menilai kebenaran ini?

Dengan membacanya, menghidupinya dan mengimaninya.

2. Dari tema talk show kita : Cool Facts About Bible, dimana letak cool-nya?

Pertama menyadari bahwa alkitab itu nyata, peristiwa2 yang terjadi merupakan sejarah yang dapat dibuktikan. Kedua isi alkitab di-ilhamkan oleh Allah (2 Tim3:16) yang memiliki manfaat dan kuasa jika kita hidup di dalamnya. Ketiga isinya jujur dan ekspresif. Memiliki rasa humor, contoh Kisah Para Rasul 20:1-12.

3. Bagaimana cara kita membuat orang lain tertarik untuk membaca alkitab?

Gak hanya menawarkan, dengan membujuk melalui kata2 tetapi buktikan dengan hidup mu. Orang lain akan lebih tertarik dan lebih percaya saat mereka melihat kebenaran alkitab yang kamu hidupi.

4. Mengapa gambaran Tuhan dalam kitab perjanjian lama berbeda dengan Tuhan di dalam perjanjian baru? Dalam perjanjian lama Tuhan digambarkan sebagai Tuhan yang kejam, pencemburu, pembalas dsbnya. Tetapi gambaran Tuhan di dlm perjanjian baru adalah Tuhan yang penuh kasih dan pengampunan. Mengapa gambaran Tuhan-nya tidak konsisten? Perlu diketahui bukan Tuhannya yang berubah tetapi umatnya.

5. Mengapa isi alkitab kadang saling bertentangan? Bukan saling bertentangan tetapi saling melengkapi dan meneguhkan, maka pada saat kita membaca alkitab, yang harus kita lakukan adalah :
- Observasi
- Investigasi
- Aplikasi

6. Apa maksud kalimat di dalam Roma 8:37 yang mengatakan “bahwa kita orang-orang yang lebih dari pemenang” maksudnya adalah di dalam diri kita sudah ada pribadi yang menang. Iman kita kepada Yesus memberikan kita identitas pemenang. Untuk menjadi pribadi yang lebih dari pemenang artinya kita dapat menaklukan diri kita sendiri dengan membuang bagian-bagian diri kita yang tidak perlu dipertahankan.

7. Tuhan punya rancangan yang terbaik untuk setiap orang. Bagaimana kehidupan setelah kematian bagi orang-orang yang belum mengenal injil, bagi mereka yang tinggal di pedalaman, daerah yang sama sekali belum terjangkau injil?

Ulangan 29:29

“Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi Tuhan, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini”.

Tuhan bilang disana jangan memusingkan apa yang diluar kemampuanmu tetapi apa yang bisa kamu lakukan sekarang lakukanlah dengan baik. Jangan bertanya bagaimana dengan mereka Tuhan, tetapi bertanyalah kepada dirimu sendiri apa yang bisa kamu lakukan untuk mereka. Lalu lakukanlah.

8. Bagaimana tips-tips membaca alkitab yang asik?
- memulai dari bacaan yang ringan, seperti buku bacaan rohani, yang isinya sudah dilumatkan sehingga bisa langsung dicerna.
- berdoa terlebih dahulu, minta pimpinan Roh Kudus supaya gak ngatuk dan gak salah menangkap pesan yang disampaikan
- mengubah cara pandang kita mengenai alkitab, belajar untuk mencintai, dari yang tidak suka menjadi suka
- temukan cara kreatif mu untuk membacanya

Oce deh sekian yah Talk Show kita,  yang ngebahas cool-nya alkitab. Seru banget yah. Ayo kita ambil komitmen untuk baca alkitab setiap hari!

Topical session : Living in Community

Dibawakan oleh : Bang Sigit

Kolose 2:7

“Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur” dan 2 korintus 3:2-3 “Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia”


Ciri-ciri komunitas yang sehat :
1. Adanya pemuridan
2. Dapat berbagi hidup, terbuka dan saling menguatkan
3. Adanya Evangelism, penginjilan artinya dapat bermultiplikasi

Session 2 : Simple But Powerful Integrity

Dibawakan oleh Bang Sigit

Apa yang bisa bikin kita Simple but Powerful Integrity :

Dengan menyadari bahwa hidupmu adalah ibadahmu. Ingat guys, seperti pepatah jawa bilang dan yang udah kita kenal secara umum juga. Jadi setiap apapun yang kita kerjakan, kerjakanlah karena kita cinta Tuhan. Sadarilah bahwa hidupmu harus dipersembahan kepada Tuhan. Guys, kalau kita hidup sampe dengan saat ini semua itu karena Tuhan. Ambil komitmen selama saya hidup, saya hidup bagi Tuhan. Hati saya tetap menyembah-Nya dan mata saya tetap memandang-Nya. Dan tidak ada yang dapat memisahkan diri kita dari kasih-Nya.

Roma 12:1

“Karena itu saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati”

Efesus 3:17

” Sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih”

Oce deh, Room Sharing yuk!! Sampe ketemu besok lagi yak…tidur yuk..tidur…Gbu Guys.

[imagebrowser id=7]

Ditulis Oleh RCA_FOS Community

Comments

comments